REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 1.3 TENTANG VISI GURU PENGGERAK
Membuat tugas tentang murid masa depan menurut diri sendiri pada bagia tugas modul mulai mengenal diri dituangkan dalam bentuk visualisasi video dan gambar yang pada akhirnya menyusun sebuah imaji tentang murid yang diimpikan di masadepan
Mempelajari pendekatan IA sebagai pradigma baru dalam pembelajarn dengan tahapan BAGJA pada LMS bagia elaborasi konsep secara mandiri
Menyusun visi guru penggerak sesuai imajiku dan kemudian dikolaborasikan bersama kelompok CGP, kemudian menyepakati visi guru penggerak yang lebih praktis dan mencakup semua aspek dan kebutuhan murid dalam ruang kolaborasi melalui diskusi kelompok kemudian dipresentasikan dengan bimbingan fasulitator ibu Melly Restuti
Melaksanakan Kegiatan elborasi pemahaman pada modul 1.3 bersama instruktur Ibu Novrini, S.Pd, M.Tpd melalui kelas virtual
Menyusun demosntrasi kontekstual, konseksi antar materi dan aksi nyata
B. Perasaan (Feelings): apa yang muncul saat proses pembelajaran
Pada kegiatan modul 1.3.a.3 pada kegiatan mulai dari diri, saya merasa melakukan intropeksi diri secara dalam karena dalam kegiatan ini, betapa banyaknnya yang saya angankan dalam diri belum dapat terealisasikan dengan nyata
Saya merasa senang dalam pembelajaran modul 1.3 ini karena pembelajarannya bermanfaat bagi saya dalam mewujudkan keinginan dan harapan dengan menggunakan pendekatan IA dan tahapan BAGJA, sehingga mempermudah saya untuk mengeluarkan ide dan pikiran yang terpendam dan diluapkan secara sistematis
Saya merasa lebih paham ketika pada modul ini masuk tahap ruang kolaborasi bersama fasilitator, pengajar praktik dan calon guru penggerak lainnya. Dalam ruang kolaborasi ini saya dapat memperoleh banyak informasi tentang penyusunan visi dan praklarsa perubahan dengan pendekatan IA melalui tahapan BAGJA
Takkala seru dan bahagia ketika masuk pada ruang virtual elaborasi pemahaman bersama intruktur nasional yang berbeda-beda. dalam ruang ini saya merasa tambah memahami tentang isi materi modul 1.3 ini. Semakin paham tentang pembentukan visi dan menyusun prakarsa perubahan dengan menggunakan pendekatan IA tahapan BAGJA
Terakhir merasa bertambah andrenalin pikiran dan rasa saya, ketika harus mempersiapkan tugas demonstrasi konetkstual, koneksi antar materi dan aksi nyata.
C. Pembelajaran (Findings): apa saja yang didapatkan
Saya dapat mengeksploari tentang murid masa depan dengan kegiatan mulai dari diri melakukan penuangan dalam gambar dan video pada tahap imaji murid masa depanku
Saya mengetahui materi tentang pembelajaran paradigma baru pada pendekatan Inkuiri Aspiratif dengan tahapan BAGJA (Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi)
Melakukan diskusi kelompok semakin membuat saya memahami pelaksanaan IA dengan tahapan BAGJA pada kegiatan prakarsa perubahan
Bersama intruktur dalam ruang elaborasi pemahaman, saya memperoleh penguatan secara materi dan suntikan motivasi untuk tetap semangat mengikuti kegiatan pada modul-modul berikutnya.
D. Perubahan (Future): Jika saya ingin membuat perubahan dengan konsep inkuiri apresiatif:
apa saja yang perlu saya pelajari lebih lanjut? apa saja strategi yang dilakukan untuk melaksanakan perubahan?
Setelah saya mengikuti pembelajaran pada modul 1.3 tentang visi guru penggerak. maka prakarsa perubahan yang akan saya lakukan adalah mengembangkan kompetensi diri untuk berinovasi dan kreatif dalam pembelajarn yang berpihak pada murid.
Dengan pendekatan IA melalui tahapan BAGJA maka strategi yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:
Buat Pertanyaan:
Pertanyaan
Apa yang dapat saya lakukan untuk dapat mengembangkan kompetensi diri untuk berinovasi dan kreatif dalam mengajar dan mendidik yang berpihak pada murid.?
Tindakan/Penyelidikan
Mencari referensi tentang mengajar dan mendidik yang berpihak pada murid;
Mewawancarai rekan sejawat/guru yang telah berhasil menjadi guru yang memerdekakan murid saat mengajar.
Ambil Pelajaran
Pertanyaan:
Siapakah yang mempunyai pengalaman pernah menjalankan pembelajaran yang memerdekakan murid?
Aktivitas apa saja yang menurut anak-anak membuat mereka merasa merdeka belajar?
Situasi apa yang dapat kita lihat dalam pembelajaran yang berpihak pada murid?
Keterampilan apa yang sudah saya miliki dan membantu saya mewujudkan pembelajaran yang berinovasi dan kreatif serta berpihak pada murid?
Tindakan/Penyelidikan:
Mencari contoh nyata bagaimana pembelajaran yang berpihak pada murid (wawancara/ korespondensi/studi literatur, secara mandiri dan kolaborasi);
Mewawancara/survei pengalaman/pendapat guru/KS/PS/murid/orangtua
Gali Mimpi
Pertanyaan
Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang saya bayangkan terjadi jika pembelajaran yang berinovasi dan kreatif serta berpihak pada murid berhasil dijalankan dengan baik?
Tindakan/Penyelidikan
Membuat deskripsi sikap saya dalam merespon kesalahan anak lewat survei;
Membuat daftar keterampilan baru yang akan saya peroleh dari literatur;
Membuat gambaran sikap dan respon anak atas kesalahan yang mereka buat melalui wawancara
Jabarkan Rencana
Pertanyaan
Apa langkah pertama untuk mengembangkan pembelajaran yang berinovasi dan kreatif serta berpihak pada murid?
Apa langkah terobosan yang bisa dilakukan untuk menguatkan praktik di dalam kelas?
Tindakan/Penyelidikan
Membuat daftar pertanyaan untuk berdialog bersama murid tentang sikap/prilaku apa saja yang menunjukkan berinovasi dan berkreasi;
Berdialog dengan kepala sekolah/rekan sejawat mengenai kegiatan penguatan pembelajaran berinovasi, kreatif dan berpihak pada murid yang akan di tunjukkan dalam aksi nyata siswa
Atur Eksekusi
Pertanyaan
Siapa yang bisa mengarhkan dan memantau?
Tindakan/Penyelidikan
Berkolaborasi dengan rekan guru lain untuk melakukan observasi kelas saya dalam setiap sebulan sekali di kelas yang berbeda tepat di minggu kedua.
Komentar
Posting Komentar